Selasa, 16 November 2010

Kanguru, Marsupial Paling Terkenal

Sumber: www.AnneAhira.com

Kanguru adalah hewan asli Australia. Hewan ini termasuk ke dalam golongan marsupial (hewan berkantung). Hal ini karena kanguru betina mempunyai kantung yang berada di bagian depan perut untuk memelihara anaknya sewaktu kecil.


Jenis-jenis kanguru


Kanguru terdiri atas 2 golongan besar, yaitu kanguru merah dan kanguru abu-abu. Kanguru merah merupakan jenis marsupial terbesar di dunia. Kanguru merah jantan bermantel tebal dengan bulu merah. Adapun kanguru merah betina lebih kecil daripada kanguru merah jantan. Warna merah kanguru ini lebih terlihat seperti biru asap. Adapun kanguru abu-abu lebih terlihat seperti keperak-perakan.


Anatomi tubuh kanguru


Kanguru mempunyai kepala yang kecil, berbulu, dan bermoncong. Mereka bisa menggerakkan kupingnya dari depan ke belakang mengikuti suara. Kemampuannya ini sangat menolong mereka dari bahaya. Terutama dari hewan-hewan pemangsa.


Kaki belakang kanguru ukurannya lebih besar dari kaki depan. Kaki ini digunakannya untuk melompat dan menyelamatkan diri dari musuh. Kecepatan lompatnya bisa mencapai 80 km/jam dalam jarak dekat. Adapun kaki depannya digunakan untuk menarik daun atau menggali tanah saat mencari air.


Ekor kanguru kuat dan berotot. Ekor ini berfungsi sebagai penopang keseimbangan kanguru saat berdiri.


Ukuran dan berat kanguru


Kanguru besar rata-rata panjangnya mencapai 1,5 meter (dari hidung hingga ekor) dengan berat sekitar 66 kg. Akan tetapi, kanguru besar jantan tua bisa mencapai 2,1 meter dengan berat sekitar 86 kg. Kanguru jantan banyak disebut sebagai boomers atau oldmen. Sedangkan, yang betina disebut flyers. Kanguru muda disebut joeys.


Kanguru tikus adalah jenis kanguru terkecil. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari kelinci. Tingginya hanya mencapai 30 cm. Adapun walabi, ukurannya adalah 30 – 150 cm.


Makanan kanguru


Kanguru hidup berkelompok dengan jumlah 5 hingga 100 ekor. Mereka memakan rumput atau daun dari perdu dan pohon. Karena memakan daun dan rumput inilah, perut kanguru sudah dipastikan mempunyai lambung yang memiliki ruang yang banyak sebagai cara dalam mencerna serat selulosa yang dikandung rumput dan daun.


Kanguru adalah pelompat yang hebat. Mereka lebih baik daripada kelinci. Hal ini karena kaki belakang kanguru sangat kuat. Jadi mereka bisa melompat kuat, panjang, dan kencang. Panjang satu lompatannya bisa mencapai 3 kali panjang tubuhnya.


Perawatan anak kanguru


Kanguru hamil selama 4 hingga 5 minggu. Setelah dilahirkan, bayi kanguru diam di dalam kantung ibu kanguru selama 3 hingga 6 bulan untuk menyusu. Setelah selesai menyusu, anak kanguru akan keluar dari dalam kantung pada usia 1 tahun. Akan tetapi, selama 2 hingga 3 tahun, anak kanguru akan terus berada di dekat ibunya. Hal ini karena anak kanguru tersebut masih dalam pengawasan ibunya dan sedang menjalani masa belajar. Baik belajar cara melompat, cara mencari makan dan minum, serta cara menyelamatkan diri dari musuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selalu Disiplin Dalam Menulis Komentar

Powered By Blogger

Search This Blog